Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja

Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja

Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja

Tanda Kamu Sudah Kecanduan Belanja – Zaman sekarang orang sudah tidak perlu ke mal untuk belanja. Artinya, zaman sekarang ada banyak cara untuk menghamburkan uang, bisa e-commerce sampai jasa titip di Instagram.

Tentunya adalah hak setiap orang untuk belanja, baik itu barang ekspor atau impor, tetapi hobi itu bisa berbahaya jika besar pasak daripada tiang.

Shopping memang bisa candu buat semua orang. Kalau tidak bisa mengendalikan diri, lapar mata dan membuang-buang dana untuk hal yang penting akan kita lakukan. Sampai di rumah, penyesalan baru datang kemudian lantaran barang yang dibeli tidak cocok dikenakan sama sekali.

Namun, ini tidak berarti kamu harus pelit. Jika memang sudah waktunya, shopping halal saja kok dilakukan. Toh, ini memang salah satu cara kita untuk memenuhi kebutuhan hidup dan refreshing sejenak.

Kelakuan shopaholic perlu ditangani bila kamu kecanduan belanja secara kompulsif. Psychology Today menyebut perilaku belanja seperti itu bernama Oniomania, yakni keranjingan belanja sehingga membawa dampak negatif.

Hasilnya bisa membuat utang menumpuk, mengganggu hubungan pribadi, atau berujung pencurian demi memenuhi hasrat memberi barang.

Perilaku belanja secara kompulsif itu bisa saja membuat keluarga atau teman khawatir. Dan itu dapat kamu cegah bila bisa memantau gejalanya.

Bahaya Kartu Kredit dan Promo

Memakai kartu kredit bisa memudahkan lupa diri ketika belanja. Banyak promo juga bisa membuat kamu lupa diri dan membeli sesuatu yang tak kamu butuhkan.

Ambil contoh ketika ada pekan promo dan kamu pergi belanja bersama sahabat. Kamu bisa saja sudah punya daftar ingin membeli apa, tetapi begitu melihat promo menarik lain kamu bisa saja lupa tujuan kamu belanja, belum lagi ketika makan-makan saat belanja, otomatis itu menambah pengeluaran.

Tak Bisa Beli Makanan

Apakah hobi makan-makan ketika gajian tetapi kemudian harus makan seadanya atau mie instan sampai gajian berikutnya? Mungkin tidak semuanya pernah begitu.

Namun, jika hidupmu kesulitan karena gajimu cepat habis karena langsung dihamburkan untuk jalan-jalan, makan-makan dan sebagainya, itu bisa menjadi tanda kamu kecanduan belanja.

Kamu Denial Terhadap Kelakuan Belanjamu

Jika kamu merasa punya masalah kecanduan belanja, jangan langsung cemas atau denial. Tidak ada kata terlambat untuk berubah.

Sekali lagi, banyak informasi di internet untuk mengurangi kecanduan belanja atau berhati-hati terhadap jebakan promo. Ingat, jangan sampai uangmu dikendalikan oleh promo.

Tergantung ke Jadwal Sales

Sebagian orang sangat kecanduan ke promo menarik. Dulu ada yang namanya kupon belanja, kini cukup menyimpan link untuk mengingat berbagai promo.

Masalahnya itu bisa membuat orang membeli banyak hal tak berguna hanya karena barang itu murah atau gratis. Sebelum tergoda promo, coba tanya diri sendiri apakah kamu butuh barang tersebut. Jika tidak butuh, lebih baik lupakan saja.