Tanda Kalau Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial

Tanda Kalau Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial

Tanda Kalau Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial

Tanda Kalau Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial – Merdeka secara finansial barangkali jadi impian setiap orang. Siapa yang tak ingin lepas dari jerat utang atau kekurangan dana setiap bulan?

Karena itu, konsultan keuangan Prita Hapsari Ghozie, mengungkap lima ciri seseorang telah merdeka secara finansial. Pertama, bisa memenuhi kebutuhan bulanan tanpa menunggu hari gajian.

“Misalnya untuk membeli makanan, bayar transport atau biaya pulsa, itu bisa terpenuhi tiap bulan tanpa harus menunggu gajian tiba,” katanya saat dihubungi, Rabu.

Kedua, ciri seseorang yang lepas dari masalah finansial adalah mereka yang terbebas dari utang konsumtif. Ini berarti, seseorang disebut bisa merdeka finansial kalau sudah tidak perlu melunasi cicilan apapun setiap bulan.

Ketiga, Prita juga menyebut kalau ciri lain seseorang yang merdeka finansial adalah memiliki rumah tinggal sendiri. “Semakin cepat KPR lunas, maka akan semakin dekat merdeka finansial,” tambahnya.

Siapa sih yang gak ingin merdeka secara finansial? Semua orang pasti memiliki harapan yang sama terhadap hal tersebut karena dapat memantik sebuah kebahagiaan dalam menjalani hidup. Namun untuk mewujudkan semua itu harus disertai dengan proses yang cukup panjang.

Kamu perlu membangun berbagai kebiasaan positif dalam hal finansial agar keuangan bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Jika kamu telah berusaha melakukan itu semua, cobalah untuk mengenali beberapa tanda di bawah ini yang dapat menunjukkan bahwa seseorang sudah merdeka secara finansial.

Kamu telah memiliki berbagai macam aset

Selain tabungan yang cukup banyak, kamu juga dapat dikatakan sudah merdeka secara finansial ketika memiliki berbagai macam aset. Aset tersebut biasanya memiliki nilai yang tidak kecil sehingga dapat digadaikan jika suatu saat kamu ada keperluan mendesak. Mengalokasikan uang gaji ke pembelian aset adalah salah satu hal yang cukup menguntungkan.

Hal tersebut terjadi karena semua uang yang kamu miliki itu berputar sehingga dapat berkembang. Ketika telah memiliki hal tersebut kamu tidak akan was-was dan ragu terkait seperti apa masa depanmu kelak. Apakah kamu sudah melakukan hal tersebut?

Ketika berbelanja, kamu sudah gak khawatir lagi masalah harga

Ada hal yang cukup sepele namun memberikan sebuah sinyal sangat mencolok bahwa kamu sudah merdeka secara finansial. Hal tersebut adalah sebuah perasaan yang gak khawatir ketika sedang berbelanja sesuatu. Kamu tidak peduli perihal harga mahal ataupun karena uang sakumu lebih banyak dari itu.

Meskipun cukup sederhana, namun tidak semua orang telah mencapai titik seperti itu. Seseorang akan terbiasa melakukan tersebut ketika dia telah memiliki harta yang cukup melimpah. Dia menganggap bahwa barang-barang mahal tidak dapat membuatnya menjadi miskin. Kamu sudah pernah merasakan hal itu?

Kamu sudah terbiasa menabung dengan konsisten

Sebelumnya telah disebutkan seseorang dapat dikatakan sudah merdeka secara finansial ketika berhasil membangun kebiasaan positif dalam pengelolaan keuangan. Salah satu contoh kebiasaan positif yang dimaksud kamu sudah terbiasa menjunjung tinggi konsistensi pada saat menabung.

Hal tersebut dapat menjadikanmu sebagai orang yang lebih hemat serta berpikiran visioner. Kamu telah berhasil mengatur segala pengeluaran demi masa depan yang lebih cemerlang. Jika sudah memiliki tanda tersebut, maka dapat dikatakan bahwa kamu telah merdeka secara finansial.