RI akan Bangun RS Bertaraf Internasional

RI akan Bangun RS Bertaraf Internasional

RI akan Bangun RS Bertaraf Internasional

RI akan Bangun RS Bertaraf Internasional, – Komisaris Utama Mayapada Healthcare (induk dari Mayapada Hospital), Jonathan Tahir membeberkan rencana mengembangkan bisnis rumah sakitnya. Jonathan mengatakan, dalam dua tahun ini Mayapada Hospital akan segera memiliki empat cabang baru.

Empat cabang tersebut rencananya akan dibangin di Surabaya, di Kuningan-Jakarta Selatan, dan di Bandung. Sehingga, dengan tiga cabang RS yang sudah berdiri saat ini, totalnya dalam waktu dua tahun Mayapada Hospital akan memiliki tujuh cabang RS.

“Saat ini, Mayapada Hospital sudah ada 3, dan targetnya kami akan membangun 4 RS baru dalam 2 tahun ini. Jadi kita akan bangun di Kuningan, Jakarta dengan target awal tahun depan. Kita juga akan membangun 2 RS di Surabaya, dan 1 RS di Bandung. Jadi Mayapada Hospital akan ada 7 RS dalam 2 tahun ini,” terang Jonathan.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, Indonesia akan membuka rumah sakit bertaraf internasional. Nantinya dokter-dokter kelas satu akan bisa praktik di sana.

“Dan akan ada teknologi transfer dengan dokter kita, sehingga kita tidak habiskan pengobatan ke luar negeri,” kata Luhut dalam webinar APINDO, Kamis.

Untuk cabang yang akan dibangun di Kuningan tersebut, Jonathan berencana akan membangunnya sebagai RS spesialis ibu dan anak. Menurutnya, di wilayah tersebut masih sedikit RS yang mengkhususkan pelayanan ibu dan anak.

Bekerja sama dengan Mayo dan John Hopkins Hospital

Rumah sakit bertaraf internasional ini juga akan bekerja sama dengan Mayo dan John Hopkins Hospital. “Rumah sakit pun kita ingin engage dengan rumah sakit terkenal seperti Mayo, John Hopkins, atau apakah bisa rumah terkenal lain,” ucap Luhut.

US News & World Report menempatkan Rumah Sakit Johns Hopkins sebagai rumah sakit terbaik nomor tiga di Amerika Serikat pada 28 Juli 2020. Survei US News & World ini mendata lebih dari 4.500 rumah sakit untuk daftar Rumah Sakit Terbaik 2020–21.

Survei ini juga menempatkan 12 spesialisasi di RS Johns Hopkins masuk dalam 10 besar AS. Seperti spesialis THT (peringkat 4), serta spesialis lain yang menempati peringkat pertama seperti Neurologi dan Bedah Saraf; Psikiatri; dan Reumatologi.

Khusus untuk orang-orang pilihan

Rumah sakit bertaraf internasional itu, kata Luhut, hanya akan diisi oleh orang-orang spesifik yang visanya akan diatur oleh pemerintah.

“Kita sudah pertimbangkan itu untuk orang-orang spesifik. Dan kemudian boleh ada multiple visa buat spesifik orang-orang yang kita butuhkan kegiatan dalam negeri,” katanya.

“Semua untuk kepentingan nasional. Kita bench mark saja ke negara sekitar kita,” kata Luhut menambahkan.