Mau Gowes? Wajib Bawa dulu 5 Alat Penting ini ya!

Mau Gowes? Wajib Bawa dulu 5 Alat Penting ini ya!

Mau Gowes? Wajib Bawa dulu 5 Alat Penting ini ya!

Mau Gowes? Wajib Bawa dulu 5 Alat Penting ini ya! Bersepeda seharusnya menyenangkan. Tapi ada beberapa hal yang bisa membuat acara menggowes jadi menyebalkan, seperti ban mendadak bocor atau rantai sepeda yang putus.

Dua kejadian tersebut bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Karena itu gak ada salahnya membawa perlengkapan untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga tersebut.

nih berikut perlengkapan yang wajib dibawa setiap kamu gowes.

1. Tire lever set 

Alat satu ini berfungsi untuk membuka atau melepaskan ban luar dari rims atau pelek. Digunakan ketika kamu ingin menambal atau mengganti ban dalam.

Bentuknya kecil dan bobotnya ringan, terutama yang terbuat dari aluminium. Harganya juga murah. Kamu bisa membelinya di toko sepeda atau di marketplace.

2. Lem tip top 

Pelengkapan lain yang gak kalah penting adalah lem tip tip, yakni berupa karet penambal ban beserta lemnya. Biasanya dijual satu paket dengan harga Rp15-30 ribu.

Seperti namanya, pelengkapan satu ini berfungsi untuk menambal ban dalam yang bocor. Tinggal tempelkan saja karet tip top ke ban yang bocor. Beres, deh.

3. Pompa ban 

Jangan lupa membawa pompa ban juga, ya guys. Sebab percuma saja membawa alat penambal ban tapi gak bawa pompa. Harga pompa ban sepeda terjangkau kok, dari belasan sampai puluhan ribu. Pilihlah yang bobotnya ringan dan dimensinya kecil, jadi bisa masuk ke dalam tas.

4. Pemotong dan penyambung rantai

Satu lagi perlengkapan yang wajib dibawa saat gowes adalah pemotong dan penyambung rantai. Alat ini cara kerjanya simpel dan dimensinya juga kecil sehingga bisa dimasukan ke dalam tas. Harganya sekitar Rp30-100 ribu saja, tergantung jenis dan mereknya.

5. Kunci-kunci sepeda

Selain empat perlengkapan di atas, kamu juga perlu membawa kunci-kunci sepeda, seperti kuncil L atau kunci kembang. Selain itu kamu mungkin bisa mempertimbangkan unutk membawa tang atau obeng, sekedar untuk berjaga-jaga kalau sampai terjadi hal yang tak terduga.