Mall di Jakarta di Buka Kembali

Mall di Jakarta di Buka Kembali

Mall di Jakarta di Buka Kembali

Mall di Jakarta di Buka Kembali, – Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta mengatakan sebanyak 80 pusat perbelanjaan atau mal siap beroperasi kembali esok hari, Senin.

Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan pengelola mal akan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 di pusat perbelanjaan agar pembukaan operasi kembali nantinya tidak menyebarkan virus corona.

Salah satunya, membatasi jumlah pengunjung yaitu 50 persen dari total kapasitas serta melakukan aturan physical distancing (jaga jarak fisik) di dalam mal.

“Untuk itu mal di DKI Jakarta telah melakukan berbagai persiapan seperti menyediakan wastafel, sabun cuci tangan, hand sanitizer, aturan wajib masker untuk memasuki area mal, dan pengukuran suhu tubuh,” ujarnya poker deposit pulsa im3.

Ellen menambahkan banyak mal telah menjalankan program 100 persen touchless (tidak bersentuhan langsung) demi meminimalisir penyebaran virus corona. Salah satunya, memberikan wastafel cuci tangan otomatis, sabun cuci tangan dan hand sanitizer otomatis tanpa sentuh.

Program lainnya, melalui penggunaan tombol lift sensor supaya pengunjung tidak perlu menyentuhnya.

“Sebagian mal memang menyempurnakan peralatan dengan touchless. Tujuannya untuk menghindari bersentuhan dan juga agar pengunjung lebih yakin dan berani ke mal,” tuturnya.

Pengelola pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta akan membuka kembali usahanya pada tatanan normal baru (new normal) di tengah pandemi virus corona. Sejumlah mal mengaku siap untuk menerapkan protokol kesehatan, termasuk  membatasi jumlah pengunjung hingga 50 persen dari kondisi normal.

PR Assistant Manager Lotte Shopping Avenue Lolita Safitri memastikan pihaknya mematuhi protokol kesehatan dalam tatanan normal baru, seperti membatasi jumlah pengunjung sebesar 50 persen dari kondisi normal, memeriksa suhu tubuh pengunjung di setiap pintu masuk, dan menyediakan hand sanitizer.

Lolita menyebut stiker pengingat menjaga jarak juga dipasang di titik tertentu yang rawan terjadi penumpukan, seperti kasir dan antrean di depan lift.

Pihaknya juga mengharuskan para tenat untuk melakukan sterilisasi berkala di area dinding, gagang pintu, keranjang belanja, dan area umum yang sering tersentuh.

Selain itu, penyesuaian jam operasi juga dilakukan. Lotte Shopping Avenue dibuka dari pukul 11.00-20.00 WIB.

Selain Lotte Shopping Avenue, Central Park dan Neo Soho juga membuka mal pada hari ini. Disampaikan oleh Silviyanti Dwi Aryati, Asst. Marcomm and Relation General Manager Central Park dan Neo Soho, pihaknya mewajibkan pengecekan suhu tubuh di pintu-pintu masuk.

Kemudian, menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing) kepada para pengunjung satu meter di lift, eskalator, dan pada setiap antrian di area mal. Selain itu, pengelola mewajibkan setiap pengunjung Central Park dan Neo Soho menggunakan masker.

Untuk menjaga keamanan pengunjung, kini di beberapa fasilitas, seperti lift telah dilengkapi dengan teknologi touchless experiences (tanpa menyentuh langsung). Pengunjung hanya meletakkan telapak tangan di atas sensor button (tombol sensor) dengan jarak 10 sentimeter.

Nantinya, tombol lift akan aktif untuk naik ataupun turun sesuai lantai yang dituju oleh pengunjung melalui fasilitas foot pedal pada lift di area mal.