BUMN dan Gugus Tugas Perbanyak Swab Test, Demi Tahan Penyebaran!

BUMN dan Gugus Tugas Perbanyak Swab Test, Demi Tahan Penyebaran!

BUMN dan Gugus Tugas Perbanyak Swab Test

BUMN dan Gugus Tugas Perbanyak Swab Test – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ikut mendukung langkah dari Gugus Tugas Nasional Penanganan COVID-19 untuk menahan wabah dari virus corona di Indonesia.

Baca juga : Perhatikan Hal Berikut Jika Ingin Buka Kembali Bisnis di New Normal

BUMN sebagai salah satu kekuatan dalam lingkar Pentahelix tidak berhenti mempertajam upaya menahan penyebaran Covid-19 dengan berbagai cara. Salah satunya menggelar swab test secara gratis di kawasan yang terpapar wabah cukup tinggi di Indonesia.

Kali ini, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama Gugus Tugas Nasional dan Daerah menggelar Swab Test secara gratis di Padang dan Bukittinggi, Sumatera Barat, akhir pekan lalu.

Ini merupakan wujud upaya bersama dalam melawan wabah Covid-19 di Indonesia, dari berbagai pihak yaitu kekuatan pemerintah, kekuatan komunitas/masyarakat, kekuatan para akademisi, kekuatan media, dan kekuatan dunia usaha termasuk BUMN seperti BNI.

“Menahan sebaran Covid – 19 bukan hanya tugas dan tanggungjawab dokter dan paramedis, semua pihak berperan penting di dalamnya. Atas dasar itulah BNI terus menjalankan semua upaya yang dapat dilakukan untuk menekan wabah ini. Termasuk melaksanakan 30.000 Swab Test di berbagai kawasan di Indonesia yang masih terpapar wabah Covid – 19,” ujar Staff Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Minggu (14/6/2020).

Sebelumnya, BNI menggelar Swab Test massal di Jakarta pada 20 – 21 Mei 2020, di Padang 2 Juni 2020, dan di Sekretariat Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya – Palembang pada 7 Juni 2020. Kemudian giliran masyarakat Palembang di Stadion Jakabaring, Minggu-Senin (7-8 Juni 2020).

Langkah ini menjadi bagian dari program mewujudkan BUMN yang terbebas dari Virus Corona, #CovidsafeBUMN serta merupakan bagian dari Program BNI yang memberikan30.000 Swab Test Gratis bagi masyarakat di seluruh Indonesia dengan dukungan jaringan Rumah Sakit BUMN, Rumah Sakit Bunda Jakarta serta JSK Group.

Kolaborasi

Pelaksanaan swab gratis ini dilengkapi dengan pemantauan Epidemiiologi. Follow up pada kasus yang berkolaborasi dengan bebagai mitra rumah sakit di daerah. Hasilnya akan segera dilaporkan langsung kepada Dinas Kesehatan Kota setempat.

Hal tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam peningkatan kecepatan penanganan kasus positif Corona. Dengan pengalaman ini BNI menggandeng Rumah Sakit BUMN dan Rumah Sakit Bunda. Mendistribusikan pengambilan sampel swab di beberapa daerah di Indonesia. Diharapkan dapat mempercepat pemutusan rantai penyebaran juga mempercepat pemulihan produktifitas atau menuju new normal.