Bioskop Batal Dibuka 29 Juli 2020

Bioskop Batal Dibuka 29 Juli 2020

Bioskop Batal Dibuka 29 Juli 2020 – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan regulasi soal pembukaan bioskop 29 Juli 2020. Pembukaan bioskop di tanggal tersebut batal dilaksanakan.
Pemprov DKI menyatakan tidak akan membuka bioskop sampai waktu yang belum ditentukan. Pemprov DKI masih menunggu situasi kondusif.

“Iya, betul. Ditunda sampai kondisi Jakarta kondusif,” kata Kadisparekraf DKI Cucu Ahmad Kurnia kepada wartawan, Jumat.

Hasrat masyarakat ibu kota untuk kembali menyaksikan film-film layar lebar di bioskop harus tertunda. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunda pembukaan bioskop.

“Iya betul (ditunda) karena kondisi COVID-19 di Jakarta lagi gak kondusif,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia.

Hal ini ditanggapi oleh Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI). GPBSI menerima keputusan tersebut sebagai langkah untuk menghambat penyebaran pandemi yang masih terus meningkat.

“GPBSI telah menerima Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta perihal penundaan pembukaan bioskop. Melihat perkembangan terkini Pandemi Covid-19 di tanah air serta wujud upaya aktif mendukung kesembuhan bangsa, GPBSI sebagai asosiasi pengusaha bioskop seluruh Indonesia memahami dan mendukung sepenuhnya keputusan tersebut,” ujar GPBSI dalam pernyataan resmi.

Tak hanya di Jakarta, keputusan penundaan kembali pembukaan bioskop juga GPBSI berlakukan di luar ibukota.

“Dan akan melaksanakan penundaan pembukaan kembali bioskop di seluruh Indonesia,” lanjut GPBSI dalam pernyataan yang sama.

Pembukaan bioskop ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan

Cucu mengatakan, penundaan pembukaan bioskop belum bisa dipastikan sampai kapan. Pihaknya masih akan terus mengamati kondisi COVID-19 di DKI Jakarta.

“Nanti dibukanya kalau sudah kondusif lagi, tapi belum tahu kapan,” tuturnya.

Pembukaan bioskop sempat direstui

Diberitakan sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengizinkan bioskop hingga corporate event (outdoor) beroperasi kembali.

Perizinan itu tertuang dalam SK Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 140 Tahun 2020 tentang, Perpanjangan Fase I Pelaksanaan PSBB Masa Transisi Dalam Rangka Penanganan Pencegahan Penularan COVID-19 di Sektor Usaha Pariwisata Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga belum merestui pembukaan bioskop

Di Jawa Barat, Gubernur sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Ridwan Kamil juga mengatakan, pihaknya saat ini belum mengizinkan kegiatan di ruang tertutup seperti bioskop maupun tempat karaoke untuk beroperasi kembali.

Keputusan ini dibuat Pemprov Jabar sesuai dengan kajian dari Gugus Tugas Tingkat Kabupaten/Kota.

“Hasil kajian gugus tugas kota/kabupaten belum mengizinkan kegiatan yang sifatnya tertutup seperti bioskop,” ujar Ridwan Kamil.